Lembar Kerja Siswa (LKS)
Metabolisme


Kompetensi Dasar

4.2 Menyusun laporan hasil percobaan tentang mekanisme kerja enzim, fotosintesis, dan  respirasi anaerob


Indikator Pembelajaran

Menyusun laporan percobaan kerja enzim, fotosintesis, dan respirasi anaerob


Langkah-Langkah Kegiatan

1. Bentuk kelompok yang terdiri atas 4-6 orang anggota

2. Pahami dan laksanakan setiap instruksi pada kegiatan berikut.

a.       Kegiatan 1: Percobaan Kerja Enzim


·         Ambillah satu sendok nasi, lalu kunyah dan rasakan bagaimana perubahan rasa yang kalian rasakan

·         Bandingkan jika nasi diberi jeruk nipis lalu dikunyah

·         Susunlah hasil percobaan tersebut ke dalam sebuah tabel

·         Diskusikan pertanyaan berikut dengan kelompok kalian:

1)      Apa yang kalian rasakan dari perbandingan tersebut? Mengapa nasi yang diberi jeruk nipis saat dikunyah memiliki perubahan rasa yang berbeda dengan nasi tanpa jeruk nipis?

2)      Enzim apa yang terlibat dalam aktivitas tersebut? Apa fungsi dari enzim tersebut?

3)      Jelaskan pengaruh pemberian jeruk nipis terhadap enzim tersebut!

4)      Apa kesimpulan dari kegiatan tersebut?

b.      Kegiatan 2: Percobaan Fotosintesis

·         Cermatilah video percobaan fotosintesis berikut dan lakukan hal yang sama dengan mengikuti langkah-langkah dan bahan yang dibutuhkan.

(Sumber: Youtube: Yuanita Rachmawati Hartono)

·         Diskusikan pertanyaan berikut dengan kelompok kalian:

1)      Apa maksud dari penutupan sebagian daun dengan aluminium foil?

2)      Jelaskan fungsi perebusan daun, pemberian alkohol, dan pemberian lugol/betadine!

3)      Bagaimana perubahan warna pada daun sebelum direbus, setelah direbus, setelah diberi alkohol, dan setelah diberi lugol/betadine? Mengapa demikian?

4)      Setelah melakukan percobaan dan menjawab pertanyaan di atas, apakah tujuan dan kesimpulan yang kalian dapatkan?

c.       Kegiatan 3: Percobaan Respirasi Anaerob

·         Cermatilah video percobaan respirasi anaerob berikut dan lakukan hal yang sama dengan mengikuti langkah-langkah dan bahan yang dibutuhkan.

(Sumber: Youtube: alma syalum salsabilla)

·         Diskusikan pertanyaan berikut dengan kelompok kalian:

1)      Apa yang terjadi dengan balon tersebut setelah 30 menit? Mengapa demikian?

2)      Apa fungsi gula, ragi, dan air hangat pada percobaan tersebut?

3)      Termasuk ke dalam jenis respirasi anaerob manakah percobaan tersebut? Mengapa?

4)      Apa kesimpulan dari kegiatan tersebut?


Tugas Mandiri

Susunlah ketiga percobaan di atas ke dalam masing-masing sebuah laporan sederhana dengan format berikut. Klik di sini